Kenali dan Sayangi Gigi Anda

Pernahkah anda berpikir bahwa gigi anda adalah suatu bagian tubuh yang sangat spesial yang dianugerahkan oleh Tuhan secara cuma-cuma? Kenapa sangat spesial karena gigi adalah bagian terkuat di tubuh manusia. Terkuat??? Iya, terkuat bahkan kekuatan dan kekerasannya melebihi tulang rangka anda. Namun meskipun terkuat dan terkeras, gigi juga adalah satu-satunya bagian tubuh manusia yang tidak bisa memperbaiki dirinya sendiri jika sudah rusak. Lantas, apakah kita pernah berpikir bagaimana “nasib” gigi yang kita gunakan untuk mengunyah ratusan kali bahkan dalam sehari perlu mendapatkan “perawatan berkala” seperti halnya mobil atau sepeda motor anda? Sebelum membahas terlalu jauh, yuk mari kita kenali dulu bagaimana sih bentuk anatomi gigi kita?

Berdasarkan usia gigi dibagi menjadi gigi susu dan gigi permanen. Gigi susu berjumlah 20 gigi. sedangkan gigi permanen berjumlah 32 gigi Di bawah ini perbandingan gigi susu dan gigi permanen disertai dengan kisaran umur erupsi (tumbuh) gigi.

testimoni-sisilia-yolanda-

Secara garis besar gigi dibagi menjadi 2 bagian, yaitu: mahkota gigi dan akar gigi yang dihubungkan oleh leher gigi dan disanggah oleh gusi dan tulang rahang kita.

  • Mahkota gigi, terdiri dari enamel (email gigi) dan dentin. Bagian ini yang terlihat kasat mata oleh kita dan proses gigi berlubang (karies) selalu dimulai dari sini.
  • Akar gigi, terdiri dari pulpa yang berisi pembuluh darah dan saraf gigi. Bagian ini yang berfungsi memberikan sensasi rasa jika terkena rangsangan, misalnya ngilu jika terkena dingin dan lain-lain.

bagian gigi

Gigi permanen memiliki beberapa bentuk, tergantung letak dan fungsinya. Gigi depa nmasing-masing rahang terdiri dari gigi seri, taring, gigi geraham kecil, gigi geraham besar.

  1. Gigi seri (incisor) berfungsi untuk memotong makanan
  2. Gigi taring (canine) berfungsi untuk merobek dan mengoyak makanan.
  3. Gigi geraham kecil (premolar) berfungsi untuk menggilas dan mengunyah makanan.
  4. Gigi geraham besar (molar) berfungsi untuk menggilas, melumat, menghancurkan dan menghaluskan
    makanan.

susunan gigi permnen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *